Bhs Indonesia

Air Sungai Bagi Pengairan 


Mendengar kata air sungai kalian pasti berpikiran bahwa air sungai itu menjijikan, kotor, dan bau. Ya memang kebanyakan air sungai di Indonesia seperti itu. Banyak masyarakat suka membuang sampah di sungai. bahkan ada yang suka BAB atau BAK di sungai.

Namun, sungai memiliki banyak manfaat. Air sungai dapat digunakan untuk menyiram tanaman. Batu sungai juga dapat digunakan sebagai bahan bangunan. Tetapi disini kita akan membahas manfaat sungai bagi pengairan.

Sebuah sawah dan lading tidak dapat tumbuh tanpa adanya air. Jika menggunakan air PDAM, harganya lebih mahal. Lebih baik kita menggunakan air sungai. Air sungai mudah didapat dimana-mana sehingga lebih hemat.

Selain itu, air sungai juga dapat menyuburkan tanah. Tadi di atas kita sudah membahas bahwa air sungai biasanya menjadi tempat pembuangan sampaj, BAB, dan BAK. Nah, sampah organik yang dibuang itu seperti sayuran dapat menyuburkan tanah. Kotoran-kotoran, baik milik manusia maupun hewan juga dapat menyuburkan tanah.

Kalian juga pasti sudah tau bahwa air sungai memiliki banyak bakteri. Bakteri yang banyak terdapat di air sungai adalah bakteri Echoli. Bakteri ini dapat membuat orang sakit perut. Namun, bakteri ini juga dapat menyuburkan tanah.

Namun, para peneliti menyimpulkan bahwa air sungai berbahaya bagi pengairan. Itu dikarenakan air sungai sudah tercampur bahan kimia dari limbah pabrik. Bahan kimia ini dapat membuat tanaman mati karena tanah menjadi tandus saat terkena bahan kimia. Bahkan tanah bisa mengeras dan kehilangan zat haranya jika terus-terusan terkenal bahan kimia. 

Pabrik-pabrik jaman sekarang kan sudah ada pengolahan untuk limbahnya sebelum dibuang ke sungai, bukankal begitu? Tidak semua pabrik memiliki system itu. Sistem pengolahan itu cenderung rumit dan banyak orang malas menggunakannnya. Maka dari itu, banyak pabrik yang langsung membuang limbah ke sungai. 

Para petani menyikapi hal ini dengan bijak. Bahkan di antara mereka   ada yang menciptakan teknologi sederhana untuk menyaring air dari bahan kimia. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan dan harganya murah. Namun belum semua petani menggunakan teknologi itu.

Pemerintah saat ini sedang melakukan program pengenalan teknologi ini pada para petani> pemerintah juga sedang menegaskan hukuman bagi pabrik yang tidak mengolah limbahnya dengan benar. Beberapa dareah di Indonesia ini sudah melaksanakan aturan itu. Seharusnya seluruh Indonesia dapat mematuhi aturan yang telah dibuat pemerintah.

Mengingat manfaat air sungai yang begitu besar, seharusnya pabrik-pabrik dapat mengolah limbahnya dengan baik. Sehingga tanaman di sawah dan lading dapat tumbuh subur. Kita sebagai warga Indonesia juga turut menjaga kebersihan air sungai. Tujuannya agar air sungai dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin bagi pengairan.


Oleh : Angeline. G
Kelas ; X MIPA 4

Kunjungi blog utama saya di 

Komentar